Kenali Gaya Hidup Minimalis, Bikin Finansial Jadi Sehat

Foto : Yoursay.id

Bantenesia.id, Style — Apa yang terpikirkan olehmu ketika mendengar sebuah kata “minimalis”, kebanyakan dari kita pasti akan berpikir ke arah arsitektur bukan?.

Karena biasanya kata minimalis ditempatkan sebagai gaya desain sebuah rumah. Tapi kini bukan hanya gaya desain rumah saja yang minimalis, tapi gaya hidup pun juga bisa menerapkan konsep minimalis. Apa sih gaya hidup minimalis itu? melansir dari Yoursay.id, Gaya hidup minimalis berarti kamu hidup dengan sedikit barang yang memiliki nilai guna tinggi, dan mengurangi barang-barang yang tidak penting. Dimana hal tidak penting itu bisa menghalangimu nantinya untuk melakukan sesuatu atau lebih parahnya bisa menyebabkan depresi.

Lalu, apa saja sih keuntungan yang akan kita dapatkan jika menerapkan gaya hidup minimalis? Simak sebagai berikut ya!

1. Jadi lebih hemat secara finansial

Dengan hidup minimalis, kita jadi belajar untuk memilah-milah mana kebutuhan dan mana keinginan. Kebutuhan memang sudah sepatutnya untuk dipenuhi, karena kita membutuhkannya dan tentu akan memiliki nilai guna yang tinggi.

Sedangkan keinginan, hanyalah hasrat sesaat atau lapar mata karena menginginkan suatu barang yang sifatnya karena lucu dan kurang memiliki nilai fungsi dalam jangka panjang. Dengan begitu, kita akan belajar menekankan diri untuk tidak konsumtif dalam membeli sesuatu. Mengurangi sifat konsumtif, tentunya kita akan menghemat pengeluaran. Alih-alih membeli sesuatu yang tidak kita butuhkan, lebih baik uang tersebut ditabung atau dialokasikan untuk melakukan hobi yang kita gemari.

 2. Terhindar dari perasaan membandingkan diri dengan orang lain

Membandingkan hidup kita dengan orang lain tidak akan pernah ada habisnya, karena pasti kita sebagai manusia akan selalu merasa kurang dengan apa yang kita miliki, tentunya itu akan membuat kita kelelahan dan stres.

Dengan menerapkan gaya hidup minimalis, kamu dapat meminimalisir keinginan untuk mengikuti gaya hidup yang konsumtif. Misalnya saja, temanmu baru saja membeli handphone keluaran terbaru, bukannya tergoda untuk ikut membelinya juga, justru kamu akan berpikir berulang-ulang apakah memang kamu sudah membutuhkan handphone tersebut?

Atau melainkan hanya tak ingin ketinggalan jaman saja? Jangan sampai uang yang seharusnya kamu gunakan untuk hal yang penting, jadi terpakai hanya untuk menuruti gaya hidup.

3. Tidak pusing karena harus merawat banyak barang yang kamu miliki

Hidup minimalis berarti kamu memilah-milah, mana hal yang kamu perlukan dan sangat berguna dan mana hal yang tidak penting. Dengan begitu kamu akan meminimalisir pembelian furniture atau peralatan rumah tangga yang fungsinya tidak terlalu penting.

Memiliki banyak barang, tentunya membutuhkan perawatan agar barang tersebut bisa tetap awet dan bersih. Tentunya jika kita memiliki terlalu banyak barang akan terlalu memusingkan bukan? Selain itu kita juga akan menghemat energi dan waktu yang kita habiskan untuk merawat barang-barang yang kita miliki.

Kalau begitu, energi dan waktu yang kita miliki tentunya akan lebih banyak yang tidak terpakai, dan bisa kita alokasikan untuk melakukan hal yang penting, seperti menjalani hobi atau quality time bersama orang terdekat.

4. Bikin rumah jadi terlihat lebih lega

Punya banyak barang tentunya akan sangat memakan tempat, hal itu bisa membuat rumah kita yang tadinya memang luas jadi terlihat sempit karena banyaknya barang yang kita miliki.Hidup minimalis, bisa membuat rumahmu jadi terlihat lebih luas karena sedikitnya barang yang kamu miliki.

Meskipun akan terasa sangat sulit pada awalnya untuk mengurangi gaya hidup konsumtif dan mengurangi rasa ingin membeli barang-barang yang sangat lucu, lama-kelamaan kamu akan terbiasa dan merasa bahwa ternyata hidup minimalis sangatlah nyaman. Bagaimana tertarik mencoba?


Lebih baru Lebih lama